PERATURAN SEKOLAH


Peraturan sekolah merupakan suatu hal yang tertulis maupun tidak tertulis yang bertujuan untuk menertibkan para murid di sekolah, sehingga keadaan belajar mengajar di sekolah menjadi kondusif. Sehingga peraturan sekolah merupakan sutau hal yang sangat diperlukan oleh sekolah untuk mengadakan kegiatan belajar mengajar. Peraturan sekolah ini merupakan salah satu peraturan yang bisa kita anggap sebagai peraturan yang sederhana, sebab peraturan sekolah hanya mengatur para murid dan para guru di dalam lingkunga sekolah. Sebab ada peraturan yang lebuh kompleks dari peraturan sekolah, yaitu peraturan negara atau peraturan nasional yang mengatur seluruh lapisan masyarakat dalam segala aspek kehidupan sehari-hari maupun kehidupan bebangasa dan bernegara.
Kembali ke peraturan sekolha, peraturan sekolah sendiri berisi banyak tata tertib dan larangan-larangan di dalam sekolah selama maupun di luar jam kegiatan belajar mengajar. Salah satu dari tata tertib yang biasanya ada di sekolah adalah siswa wajib datang di sekolah 5 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan. Memang tata tertib ini digunakan hamper di seluruh sekolah di Indonesia, namun juga ada beberapa peraturan khusus yang hanya dimiliki oleh beberapa sekolah saja.
Salah satunya adalah mengenai seragam yang dikenakan pada hari-hari tertentu. Setiap sekolah tentu memiliki seragam yang berbeda-beda. Sehingga setiap sekolah memiliki peraturan khusu yang mengenai seragam tersebut. Ada juga peraturan tentang penggunaan handphone, setiap sekolah memiliki perbedaan dalam peraturan ini. Ini disebabkan karena ada beberapa sekolah yang mengijikan murid-muridnya untuk membawa handphone ke sekolah, namun ada juga beberapa sekolah yang melarang murid-muridnya untuk membawa handphone ke sekolah. Hal ini menyebabkan perbedaan di setiap sekolah.
Dalam penggunaanya di sekolah tentu terdapat halangan, mulai dari peraturan / tata tertib yang tidak sesuai dengan kondisi di seolah, hingga banyaknya jumlah peraturan yang dilanggar oleh para murid. Maka dari itu, selain adanay peraturan, perlu juga dibuat sebuah hukuman atau sanksi yang diberikan kepada murid yang melanggar peraturan tersebut. Sanksi tersebut sebaiknya sanksi yang dapat memberikan efek jera, mendidik, dan masih di dalam batas kewajaran dan kemanusiaan. Dan untuk mengatasi masalah di mana peraturan sekolah yang tidak sesuai dengan kondisi sekolah, sekolah perlu untuk mengadakan revisi dan pembaharuan peraturan yang sesuai dengan kondisi di saat itu.
Dan bagi para murid, sebaiknya para murid harus menaati peraturan tersebut secara sungguh-sungguh, sebab peraturan bukan dibuat untuk mengekang kebebasab dari murid, melainkan untuk menjaga kondisi belajar mengajar agar tetap kondusif sehingga membuat para murid menjadi nyaman dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Dengan menaati peraturan dengan sepenuh hati, maka para murid pun juga telah menerapkan rasa kedisplinan yang sejkarang sudah mulai luntur di Indonesia ini. Dan dengan menaati peraturan sekolah dengan sungguh-sungguh, dapat menjadi sarana kita untuk belajar menghadapi dan menaati peraturan-peraturan yang lebih kompleks dar peraturan sekolah tersebut.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.